Dalam usaha menampilkan website ke ranah online di internet, diperlukan beberapa hal untuk dapat membantu proses tersebut hingga berjalan baik di internet. Agar dapat tampil di internet, sebuah website setidaknya harus memiliki dua hal penting, yaitu: Hosting dan Domain.

Berikut akan dijelaskan mengenai hosting dan domain sehingga dapat membantu Anda untuk lebih memahami kebutuhan website dengan baik.

HOSTING

Adalah sebuah media untuk menampung file yang dibutuhkan oleh website Anda. Hosting terletak pada sebuah server yang berlokasi di negara lokal hingga negara mancanegara yang dapat diakses secara online melalui koneksi internet. Ukuran kapasitas hosting diukur dengan disk space, biasanya kapasitas umumnya dihitung dengan satuan MB (megabite) hingga GB (gigabite), beberapa hosting corporate raksasa tentu menggunakan kapasitas hingga TB (terabite). Semakin besar ukuran kapasitas, semakin banyak file yang dapat ditampung dan semakin tinggi harga layanan yang diberikan. Komponen penting lainnya adalah bandwitdh hosting, diukur dengan satuan GB (gigabite) dan memiliki batasan setiap bulannya. Semisal anda memiliki hosting dengan bandwith 10GB, maka ini adalah jumlah maksimum alur data keluar masuk dari akun hosting anda dari awal bulan hingga akhir bulan, dan jumlah ini akan kembali ke kondisi semula 10GB pada awal bulan berikutnya. Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah panel manajemen hosting, Masternet Indonesia menggunakan panel hosting terbaik dan paling mudah digunakan serta paling aman, yaitu cPanel yang dapat digunakan dengan mudah bahkan oleh pemula sekalipun. Melalui cPanel, anda dapat mengatur hosting anda mulai dari: Buat akun email, akses email, membuat database, manajemen file website, cek kapasitas disk space, cek bandwidth, dan masih banyak lagi lainnya.

DOMAIN

Domain adalah identitas nama website anda di internet, dapat dibuat dengan beberapa kondisi karakter huruf, simbol dan angka. Sebuah nama domain umumnya memiliki panjang karakter maksimum sebanyak 32 karakter. Sebuah nama domain berpasangan dengan extension domain, disebut tld. Jadi satu nama domain lengkap berwujud:

namadomain.tld -> cth: google.com

Tld domain dapat berwujud macam-macam, dari yang umum: .com, .net, .org, .us, .info dan sebagainya. Tld domain juga memiliki tingkatannya dan juga ada yang memiliki prasyarat khusus penggunaannya, ada yang khusus untuk pemerintahan, ada yang khusus untuk militer, ada yang diperuntukkan untuk umum, sekolah, organisasi, dan lainnya.

Di indonesia sendiri terdapat dua macam jenis tld, dimana tld lama menggunakan dua kondisi tld semisal: .web.id yang dipergunakan untuk perorangan, kemudian seiring dengan waktu munculah single tld yang hanya berakhiran .id saja.

Nama domain yang tepat dapat dipergunakan sebagai investasi yang nilainya akan meningkat seiring dengan waktu bilamana domain dimaksud sering mendapatkan pengunjung. Itulah mengapa mendapatkan nama domain yang memiliki makna khusus semakin hari semakin sulit di dapatkan.

Setiap domain memiliki masa aktif standard selama 1 periode, dimana 1 periode adalah sama dengan 1 tahun dan tidak bisa kurang dari itu.

Harga domain baru secara umum ditentukan dari penggunaan .tld domain yang dipilih. Untuk domain umum internasional tidak diperlukan persyaratan khusus untuk mendapatkannya, Anda cukup mengisi formulir pendaftaran dan membayarnya tanpa perlu menyertakan copy dokumen tertentu. Namun untuk domain indonesia berakhiran dua .tld ataupun single .tld, diperlukan persyaratan khusus sesuai dengan jenis tld yang dipilih.

Domain internasional dapat segera aktif setelah proses pembayaran diterima, namun khusus untuk domain indonesia walau telah melunasi pembayaran tetap diperlukan waktu verifikasi dokumen penyertaan untuk membeli domain tersebut, umumnya domain indonesia non pribadi memerlukan waktu hingga 7 hari verifikasi oleh pihak pengatur nama domain indonesia hingga ke menkominfo.

Domain yang telah diaktifkan akan menjadi milik pihak pendaftar tersebut selama periode masa aktif berjalan. Domain yang tidak diperpanjang masa gunanya akan menjadi domain terbuka yang dapat diperebutkan / dibeli oleh pihak publik setelah selesai masa aktifnya.

Sebuah domain tidak dapat diakses di internet bilamana tidak dikoneksikan dengan server hosting. Namun sebuah server hosting dapat diakses di internet tanpa domain dikarenakan sebuah server pastilah memiliki ip address, sehingga untuk mengaksesnya adalah menggunakan ip address server hosting tersebut hingga diputuskan untuk dikoneksikan dengan sebuah nama domain yang akan digunakan.

Untuk itu pastikan anda memiliki domain dan hosting terlebih dahulu untuk dapat digunakan pada website Anda agar dapat diakses di internet.

Masternet Indonesia telah berpengalaman hingga 6 tahun untuk memproses registrasi domain baru, transfer domain hingga perpanjangan periode domain, baik untuk domain internasional hingga domain indonesia. Anda memerlukan domain dan hosting? Percayakan kebutuhan anda di Masternet Indonesia!

Artikel Lainnya